NEWS UPDATE

Berpetualang Menantang di Curug Gendang

";
Berpetualang Menantang di Curug Gendang
Curug Gendang di kawasan Taman Wisata Alam Carita, Pandeglang.

POROS.ID, Pandeglang - Pantai Carita tidak hanya terkenal panorama pantainya yang cantik, untuk Anda yang senang berpetualang. Rugi rasanya kalau tidak menyusuri hutan kawasan Taman Wisata Alam Carita, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang. Perjalanan ke Carita bisa ditempuh melalui beberapa jalur dari Serang ke Pandeglang kemudian Carita, atau melalui jalur Cilegon menuju Anyer dan tiba di Carita.
    
Curug Gendang, mungkin tidak asing untuk Anda yang suka berwisata. Meskipun belum pernah liburan kesana, setidaknya Anda pernah dengar. Air terjun ini berada di kawasan Taman Wisata Alam Carita. Curug Gendang sangat cocok untuk anda para penjelajah alam yang suka berjalan kaki.

Selain melalui pintu masuk, jalur tracking ke Curug Gendang juga bisa melalui jalan lain yaitu ke ujung Desa Sambolo. Setelah perbatasan rumah penduduk dan hutan, Anda turun ke bawah, akan menemukan bendungan dengan sungai yang jernih. Aktivitas masyarakat sekitar di sungai juga bisa anda temukan, misalnya penduduk yang mencuci baju di sungai, anak-anak yang renang di bendungan, dan lalu lalang penduduk yang hendak pergi ke sawah atau kebun.

Perjalanan menuju Curug Gendang sangat dimanjakan dengan pemandangan beragam pepohonan yang rimbun. Mulai dari pohon beringin, melinjo, mahoni dan durian. Bahkan masih ditemukan buah-buahan khas hutan, salah satunya buah kacapi. Keanekaragaman fauna pun bisa ditemukan di sini, kicauan burung dan monyet-monyet bergelantungan di pohon juga menambah keasikan berwisata alam di Taman Wisata Alam Carita.

Setelah sampai di jalan aspal yang merupakan tempat parkir akhir, untuk sampai di air terjun, pengunjung harus berjalan kaki di jalan setapak  berbukit kurang lebih 40 menit untuk sampai di Curug Gendang. Jalan ini cukup ekstrim, Anda harus hati-hati melewati rute ini. Wisatawan harus siap menjejakan kaki di tebing yang jalannya berliku-liku dan naik turun. Dari tebing ini Anda bisa menikmati pemandangan hamparan pantai Carita dan dari kejauhan terlihat anak Gunung Krakatau.

Setelah berjalan selama 30 menit, suara gemuruh air akan terdengar. Suaranya kencang seperti bunyi gendang ditabuh. Hal inilah yang melatarbelakangi masyarakat sekitar menyebutnya dengan Curug Gendang. Konon awalnya curug ini bernama Curug Citajur, karena berada di aliran Sungai Citajur.

Meskipun kalau dilihat difoto, air terjun ini terlihat tidak terlalu tinggi, namun ketinggian air terjun ini mencapai tujuh meter dan mempunyai kedalaman 6 meter. Hati-hati saja untuk pengunjung yang tidak bisa renang, karena airnya cukup dangkal. Berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Berkunjung ke Curug gendang tidak akan membuat Anda menyesal. Air terjun dan pemandangan yang indah, menikmati perjalanan hutan Carita yang sejuk, menikmati alunan gendang alami suara di air terjun ini, dan berpetualang sekaligus berwisata yang menyatu dengan alam.

Setelah Anda menyusuri keindahan Taman Wisata Alam Carita, tak lengkap jika tak membeli suvenir khas Pandeglang di Cula Badak Art Shop yang berada sekira 100 meter sebelum gerbang masuk.(Red)




Komentar Via facebook