Home Berita Utama Terendus, Penambang Batu Bara Ilegal di Baksel Diduga Rutin Beri Setoran

Terendus, Penambang Batu Bara Ilegal di Baksel Diduga Rutin Beri Setoran

387
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK - Pegiat sosial Reformasi Jaringan Masyarakat (RAJAM) mengendus adanya dugaan aliran dana ke berbagai piahk dari tambang batubara ilegal di Lebak Selatan yang kian marak, baik tambang yang berada di lahan pribadi maupun di lahan milik Perum Perhutani.

Epi Yudistira, Ketua RAJAM kepada wartawan mengatakan bahwa bukan menjadi rahasia umum lagi, jika selama ini para pengusaha tambang batubara ilegal itu kerap dimintai setoran bulanan yang dikolektif oleh beberapa oknum yang dianggap bisa menjadi pelantara, guna mengkondusifkan aktifitas pertambangan batubara ilegal.

"Ya itu hasil investigasi tim kami dilapangan, Mereka mengeluh akan biaya koordinasi," ujar Epi, Jumat 25/6/2021.

Menurut hasil penelusuran tim, Epi mengatakan bahwa setiap bulan puluhan juta rupiah dana yang bisa terkumpul dari para pengusa tambang di Lebak Selatan. Meski penambang mengeluarkan dana koordinasi terang Epi, namun ketika melakukan pengiriman batubara ke kota, acap kali tronton pengangkut batu bara tersebut di razia kelengkapan dokumen batubara.

"Lalu, kemana dana koordinasi itu mengalirnya?," ucapnya.

Untuk itu Epi berharap agar Aparat Penegak Hukum melakukan penindakan terhadap para pelaku tambang ilegal sehingga tidak ada lagi pungli di sektor pertambangan. Selain itu Epi juga berharap agar pemerintah Kabupaten Lebak dan Pemerintah Provinsi Banten bisa menjembatani para penambang agar mereka bisa mengurus izin usaha pertambangan.

"Pada prinsipnya para pengusaha tambang mau untuk menempuh perizinan, namun karena proses nya yang rumit, terpaksa mereka melakukan usaha tambang secara ilegal, dengan konsekwensi harus ada setoran ke berbagai pihak," terangnya.

"Maka pemerintah perlunya mempertegas kebijakan perizinan, baik izin lingkungan maupun izin usaha pertambangan yang terpadu yang mengacu pada konsep pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan," tukas Epi.




BERITA POPULER

Pembunuhan Sadis Ibu dan Anak Balita, Gegerkan Warga Cilograng

POROS.ID. Cilangkahan - Warga Kampung Cibunar Desa Gununggbatu Kecamatan Cilograng di buat geger oleh peristiwa pembunuhan sadis Ibu dan Balita yang...