Home Berita Utama Karang Taruna Diharapkan Mampu Gali Potensi Desa

Karang Taruna Diharapkan Mampu Gali Potensi Desa

380
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK - Ketua Karang Taruna Kecamatan Panggarangan Kabupaten Lebak, Najrul berharap kepada para pengurus karang taruna desa agar bisa melakukan terobosan yang kreatif dan inovatif berbasis potensi lokal. Menurutnya, selain harus mampu menjadi agen perubahan, karang tarunapun harus peduli terhadap permasalahan sosial dan kearipan lokal.

"Sehingga karang taruna dapat membantu program-program pemerintah. Kalau disini ada warga yang memiliki keahlian dalam anyaman bambu, itu bisa dikembangkan. Dorong oleh karang taruna agar pengrajin bisa meningkatkan omset penjualannya," katanya saat menghadiri kegiatan diskusi pembahasan program kerja Karang Taruna Desa Mekarjaya, Kecamatan Panggarangan, Minggu 04/04/2021.

Selain itu lanjut Najrul, pengolahan sampah juga bisa menjadi kegiatan unggulan. Dimana sampah-sampah rumah tangga bisa dikelola dengan baik agar bisa menghasilkan produk yang memiliki nilai ekonomis.

"Sampah-sampah plastik, kertas dan sebagainya bisa dikumpulkan untuk di daur ulang atau di jual. Sampah organiknya bisa diolah menjadi pupuk organik," imbuhnya.

Warsa Komara, Sekretaris Karang Taruna Desa Mekarjaya dalam diskusi mengatakan bahwa Karang Taruna Desa Mekarjaya akan melakukan terobosan-terobosan agar lembaga ini tidak hanya menjadi pelengkap lembaga desa.

Pihaknya beserta jajaran pengurus dan anggota akan menggali potensi dan mengembangkan sumberdaya yang dimiliki. Baik sumberdaya alam maupun sumberdaya manusia.

"Dengan kerja keras dan kebersamaan semua program karang taruna bisa terealisasi," katanya.

Diakhir diskusi, Ketua Karang Taruna Kecamatan Panggarangan memberikan sumbangan berupa satu buah bola sepak dan puluhan kalender karang taruna.