Home Berita Utama Ajak Masyarakat Donor Darah, KSSD: Sehatkan Badan dan Selamatkan Nyawa Orang Lain

Ajak Masyarakat Donor Darah, KSSD: Sehatkan Badan dan Selamatkan Nyawa Orang Lain

195
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK - Ketua Umum Komunitas Salam Setetes Darah (KSSD) Ais Falet, mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya ke Unit Transfusi Darah (UTD) di RSUD Adjidarmo Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten. Menurutnya, mendonorkan darah itu adalah langkah yang mulia dan upaya penyelamatan nyawa manusia, karena banyak orang yang membutuh darah untuk mengobati penyakitnya.

"Mari kita sama- sama mendonorkan darah untuk menolong nyawa saudara-saudara kita," kata Ais Falet pada awak media, Jumat, 2/4/2021.

Masih kata Ais, KSSD hadir di 4 Kabupaten, yakni di Kabupaten Lebak, Pandeglang, Serang dan Tangerang, dengan tujuan menjembatani masyarakat yang akan mendonorkan darahnya.

"Jadi, warga gak usah bingung atau kesulitan ketika akan mendonorkan darahnya. Kita disini selalu siap untuk mendampingi siapapun yang akan mendonorkan darah," ujarnya.

Ais juga menceritakan awal ia mulai tergerak membangun KSSD. Berawal dari ketika istrinya pernah membutuhkan darah setelah melahirkan. Namun karena pada saat itu kondisi pandemi Covid -19, stok darah di PMI kosong juga Standar Operasional (SOP) PMI itu diwajibkan keluarga pasien membawa pendonor.

Disitulah, kata Ais, dirinya berfikir dan mengalami kekhawatiran kepada orang lain ketika kesulitan mendapatkan darah seperti dirinya. Sehingga, dia memulai berjuang untuk mendirikan KSSD di Lebak.

Lanjut Ais, setelah pendonor darah mendonorkan darahnya, langsung diberikan kepada pasien atau warga yang membutuhkan. "Jadi, pendonor bisa tahu pasien yang di beri darahnya," tutupnya.