Home Berita Utama Antisipasi Penyebaran Malaria dan DBD, Karang Taruna Desa Bayah Barat Bersihkan Lingkungan

Antisipasi Penyebaran Malaria dan DBD, Karang Taruna Desa Bayah Barat Bersihkan Lingkungan

436
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK - Sebagai kaum muda yang merasa bertanggungjawab atas kebersihan lungkungan, karang Taruna Desa Bayah Barat, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, bersama masyarkat melakukan gotong royong membersihkan lingkungan Kampung Ciwaru Rw 07 Desa Bayah Barat, Kecamatan Bayah, Jumat, 2/4/2021.

Turut hadir, Kepala Desa Bayah Barat, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Bayah, Unsur dari Komando Rayon Militer (Koramil) Bayah dan perwakilan dari Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat Bayah Samudra Mandiri (KTKBM BASMI).

Bersih-bersih lingkungan dilakukan dengan cara mengumpulka sampah - sampah, yang berserakan di tempat pembuangan sampah yang ada di lingkungan. Selain itu, juga dilakukan pembersihan saluran air (got) dengan cara mengangkat sedimen dan sampah yang yang mengendap.

Tak luput dari perhatian, sungai Ciwaru pun dibersihkan dengan cara mengambil sampah yang ada disepanjang bantaran sungai Ciwaru. Kemudian sampah yang terkumpul dipilah. Jika masih memiliki nilai ekonomis di kumpulkan dan jika yang tidak memiliki nilai ekonomis kemudian dibakar.

Ustomi Kafmaludin, Ketua Karang Taruna Desa Bayah Barat menuturkan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian pemuda untuk menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan sehat. Selain itu lanjut Ustomi, gotong royong ini dilakukan dalam upaya meminimalisir terjadinya penyakit demam berdarah dan malaria.

"Berdasar pengalaman sebelumnya, di kampung ini warga sering terdampak malaria dan demam berdarah" ujar Ustomi

 Yoga Gunawan, Ketua Karang Taruna Kecamatan Bayah, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Karang Taruna Desa Bayah Barat. Menurut Yoga, Karang Taruna Desa Bayah Barat, akan dijadikan salah satu contoh karang taruna yang produktif. Bukan hanya dari sisi kegiatan sosial saja tetapi juga dari sisi pemberdayaan dan kewirausahaan pemuda.

Menurut Yoga, Karang Taruna Desa Bayah Barat sudah melakukan berbagai kegiatan seperti pembinaan disektor olah raga, pengembangan wira usaha sektor pertanian, peternakan dan perikanan.

"Mudah - mudahan semangat teman - teman Karang Taruna Desa Bayah bisa terus konsisten dan memberikan kontribusi bagi kemajuan desa," harap Yoga

Yoga juga nengajak kepada seluruh pengurus karang taruna se-Kecamatan Bayah untuk berkarya dan menggali potensi yang ada di desanya masing - masing. "Mari kita singsingkan lengan baju demi terciptanya pemuda yang produktif," tutup Yoga.