Home Berita Utama Pembangunan Jalan Menuju GI PLN Bayah Disebut Proyek Siluman

Pembangunan Jalan Menuju GI PLN Bayah Disebut Proyek Siluman

344
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK - Komunitas Pemuda Peduli Aset Negara (KPPN) menyoroti pembangunan jalan menuju Gardu Induk (GI) PLN Bayah, Kabupaten Lebak. Selain di lokasi tidak ada papan proyek, para pekerja pun tidak menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

"Proyek pemerintah baik BUMN maupun pusat harusnya taat terhadap aturan, tidak terdapatnya Papan Proyek dan Papan Asuransi pada Pembangunan jalan ini sangat perlu dipertanyakan, selain itu para pekerja yang bekerja pada proyek tersebut sepertinya tanpa pengawasan karena melakukan pekerjaan dimasa pandemi tanpa memperhatikan Prokes," kata koordinator KPPN Sudandi melaporkan, Sabtu 20/3/2021.

Padahal, kata dia, pengerjaan jalan tersebut sudah hampir selesai, namun papan yang diwajibkan terpasang, tidak pernah terlihat sama sekali. Proyek tersebut menurutnya seperti proyek siluman, dimana tidak ada papan proyek pembangunan dan cenderung tertutup dari pengawasan masyarakat.

"Dari pantauan langsung dilapangan tidak terlihat papan pengumuman proyek. Padahal, transparansi anggaran sudah menjadi keharusan dalam proyek pemerintah, selain itu proyek tersebut diduga materialnya disuplai oleh salah satu oknum pegawai GI," ujarnya.

Lebih lanjut Sudandi menjelaskan, aturan terkait proyek yang harus menggunakan papan proyek tertera jelas dalam UU No. 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Selain UU KIP, ada beberapa aturan lain yang mempertegas tentang transparansi pelaksanaan program pemerintah. Seperti Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 29/PRT/M/2006 atau (Permen PU 29/2006) dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 12/PRT/M/2014 atau (Permen PU 12/2014).

"Berarti jika di lapangan terdapat sebuah proyek yang tidak menyertakan papan pengumuman proyek, sudah jelas tidak taat aturan, bahkan patut dicurigai proyek tersebut tidak dilaksanakan sesuai prosedur." tukasnya (Red)