Home Gaya Hidup Tingkatkan Pelayanan, Samsat Ciputat Gandeng Pengelola Mal

Tingkatkan Pelayanan, Samsat Ciputat Gandeng Pengelola Mal

609
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

TANGERANG – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banten melalui Pengelola Pendapatan Daerah Ciputat membangun kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan pengelola Mal Plaza Bintaro, Tangerang Selatan. Bentuk kesepakatan antara kedua pihak adalah pihak pengelola menyediakan fasilitas atau ruangan untuk dijadikan Gerai Samsat secara gratis selama lima tahun.

Adapun kesepatan atau nota kerja sama ditandatangani Kepala Pengelola Pendapatan Daerah Ciputat atau UPT Samsat Ciputat, Subhan Setiabudi dan Koordinator Pengelola Properti Shoping PT Jaya Real Property, Andi Hartono, Senin (25/1/2021).

Di Mal Plaza Bintaro, Gerai Samsat Ciputat menempati tiga ruangan, di lantai 3, yaitu nomor 04, 05, dan 06. Adapun personel yang disiapkan untuk memberikan pelayanan kepada wajib pajak di gerai tersebut terdiri atas, dua pegawai dari Samsat Ciputat dan masing-masing satu orang dari kepolisian, Jasa Raharja serta bank bjb.

Kepala Pengelola Pendapatan Daerah Ciputat atau UPT Samsat Ciputat, Subhan Setiabudi mengatakan, penandatanganan MoU berawal dari proses komunikasi pihak Samsat dengan pihak pengelola Plaza Mal Bintaro. Proses komunikasi itu dilakukan mengingat peluang untuk mengembangkan pendapatan cukup besar. Apalagi Gerai Samsat yang ada di sekitar Mal Plaza Bintaro masih menumpang di Kantor bank bjb Bintaro.

“Proses komunikasi sudah berlangsung sekitar satu bulan ini. Kami melihat potensi pengembangan pendapatan cukup besar, jika memiliki layanan di Mal Plaza Bintaro. Dan akhirnya kami sepakat untuk membangun kerja sama,” ujar Subhan.

Setelah penandatanganan kerja sama, kata Subhan, pihaknya langsung memberikan pelayanan terhadap para wajib pajak. Sejumlah wajib pajak di Tangerang Selatan atau tepatnya para pengunjung mal yang melihat ada layanan pajak, langsung memanfaatkan layanan tersebut dengan membayar pajak.

Tercatat pada hari pertama pembukaan layanan, sebanyak sepuluh wajib pajak atau pemilik kendaraan roda dua membayar pajak di gerai tersebut. Sedangkan, pemilik kendaraan roda empat yang memanfaatkan layanan pembayaran pajak sebanyak enam orang.

“Kami langsung memberikan pelayanan. Dan ternyata responsnya cukup bagus. Pada hari pertama pelayanan, gerai di Mal Plaza Bintaro menyumbang pendapatan ke kas daerah senilai Rp29.491.600,” ungkap Subhan.

Selain penambahan gerai, Subhan mengatakan, Samsat Ciputat melakukan upaya dan terobosan untuk memaksimalkan pendapatan, khususnya di era pandemi sekarang ini. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan program jemput bola ke rumah wajib pajak yang menunggak pajak lebih dari setahun atau door to door.

“Kami terus mendekatkan layanan dengan pembukaan gerai. Tapi itu juga tidak cukup. Makanya kami melakukan upaya door to door. Hasilnya sementara ini cukup efektif menaikkan pendapatan,” katanya. (Rls/Red)