Home Berita Utama Camat Malingping Instruksikan Kades Bersihkan Sampah Menumpuk dan Aktif Laksanakan Jumsih

Camat Malingping Instruksikan Kades Bersihkan Sampah Menumpuk dan Aktif Laksanakan Jumsih

330
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK - Camat Malingping Kabupaten Lebak Cece Saputra menginstruksikan kepada pemerintah desa se-Kecamatan Malingping agar menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing, dengan cara melaksanakan gerakan Jumat bersih (Jumsih) secara aktif, serta mengajak warganya untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga: https://poros.id/5846/persoalan-sampah-berdampak-pada-harga-diri-daerah-aktivis-minta-camat-malingping-tak-abai.html

Instruksi itu disampaikan Camat melalui surat resmi perihal penanganan sampah di lingkungan desa yang ditujukan kepada 14 kepala desa yang ada di Kecamatan Malingping. Dalam surat tertanggal 31 Agustus 2020 itu, Camat juga meminta kepada para kepala desa, yang apabila di wilayahnya ada penumpukan sampah agar segera membersihkannya.

Berikut isi surat lengkap Camat Malingping yang ditujukan kepada seluruh kepala desa di wilayah Malingping:

Menindaklanjuti Perbup Lebak nomor 17 tahun 2006 tentang penyelenggaraan ketertiban, kebersihan dan keindahan, dengan ini Camat Kecamatan Malingping menginstruksikan agar pemerintah desa melakukan hal-hal sebagai berikut:

Pertama agar melakukan Jumat bersih dalam satu minggu sekali, kedua (pemerintah desa) agar mengajak warganya untuk menjaga lingkungannya agar tetap sehat dengan membuang sampah pada tempatnya. Dan ketiga, bagi desa-desa yang di wilayahnya ada penumpukan sampah, agar segera membersihkannya dan membuat spanduk larangan "jangan membuang sampah sembarangan".

Untuk diketahui, selain di dekat RSUD Malingping, tepatnya di Kampung Indang Desa Malingping Utara, tumpukan sampah dengan volume besar ada di pinggir jalan di Kampung Pedes Desa Sukaraja Kecamatan Malingping.

Baca Juga: https://poros.id/5845/sampah-menumpuk-pinggir-jalan-dekat-rsud-malingping.html

Hal inipun menuai sorotan dan kritik dari aktivis Pilar Community. Camat Malingping diminta tidak abai dalam persoalan ini. Karena, selain dapat menganggu kesehatan, persoalan sampah juga dinilai bisa berdampak pada harga diri sebuah daerah. (Red)