Home Pemerintahan Permudah Akses Warga, Kelurahan Sukawana Genjot Pemerataan Jalan Lingkungan

Permudah Akses Warga, Kelurahan Sukawana Genjot Pemerataan Jalan Lingkungan

93
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

SERANG - Lurah Sukawana Kecamatan Serang Kota Serang, Baihaki menargetkan dalam kurun waktu tiga tahun ke depan, pembangunan infrastruktur jalan lingkungan di wilayahnya akan tuntas ke setiap pelosok.

Ia mengungkapkan bahwa pembangunan jalan lingkungan ini menjadi priotas utama dalam kegiatan pembangunan setiap tahunnya, lantran selain untuk melancarkan aktifitas warga sehari-hari, jalan lingkungan juga menurutnya menjadi salah satu faktor yang mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

Pada tahun 2019 lalu, terang Baihaki, pihaknya telah melaksanakan pembangunan jalan lingkungan di empat titik dengan konstruksi paving block, yakni di Lingkungan Kalisalak, Kubang Kemiri, Sambi Growong dan Lingkungan Sentul.

"Dananya dari DAUT (Dana Alokasi Khusus Tambahan red.). Dari dana sebesar Rp370 juta, untuk jalan lingkungan sekitar Rp250 juta. Sisanya untuk pemberdayaan dan pengadaan alat fogging, meja kursi posyandu, alat timbang bayi, mesin rumput, mesing fogging dan lainnya," kata Baihaki ditemui di Kantornya, Kamis 23/7/2020.

"DAUT 2020 belum dilaksanakan, masih dalam tahap pematangan pengajuan, kita ingin secepatnya. Rencananya akan digunakan untuk pembangunan Paving Block di beberapa titik, seperti di Lingkungan Kebanyakan Tegal, Kalisalak, Kubang Kemiri," imbuhnya.

Adapun pelaksanaan pembangunan yang tengah berjalan di Kelurahan Sukawana saat ini, lanjut Baihaki, adalah pembangunan drainase di Lingkungan Sentul dengan anggaran Rp85 juta dan drainase di lingkungan Sambi Gerowong dengan anggaran Rp95 juta. Anggaran ini bersumber dari APBD Kota Serang.

Lurah Sukawana Baihaki meninjau pembangunan drainase

"Kalau bangunan yang dananya dari APBD ini dilaksanakannya oleh pihak ke tiga (kontraktor), kita hanya merencanakan dan mengajukan saja," terangnya.

Baihaki menambahkan bahwa, setiap kegiatan pembangunan di Kelurahan Sukawana, baik dana yang bersumber dari DAUT maupun APBD Kota Serang, dipastikan merupakan usulan dari masyarakat pada saat digelar Musrenbang pada tahun sebelumnya.

"Setelah pelaksanaan Musrenbang kita lanjutkan dengan penentuan skala prioritas, biasanya yang diprioritaskan adalah lokasi-lokasi yang sebelumnya belum tersentuh pembangunan." tukasnya. (ADV)