Home Berita Utama Program P3-TGAI Jadi Sorotan, Dua Pejabat BBWSC3 Bungkam

Program P3-TGAI Jadi Sorotan, Dua Pejabat BBWSC3 Bungkam

495
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK - Dua orang pejabat di Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian (BBWSC3) enggan menanggapi atau memberikan komentar terkait pelaksanaan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) di beberapa lokasi di Kabupaten Lebak yang tengah menuai sorotan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Operasi dan Pemeliharaan (OP) III BBWSC3, Hanif Wasistono dan Pelaksana Teknik P3-TGAI Noerhasanudin, saat dikonfirmasi melalui WA Messenger terkait hal itu, keduanya tidak merespons meski pesan WA wartawan dipastikan sudah dibuka.

Pantauan wartawan di dua lokasi, yakni di Desa Kersaratu Kecamatan Malingping dan Desa Cikaret Kecamatan Cigemblong Kabupaten Lebak, material batu yang digunakan diambil oleh para petukang dari sekitar lokasi bangunan.

Lokasi: Desa Cikaret Kecamatan Cigemblong, salah seorang pekerja tengah mengambil batu di sekitar lokasi bangunan irigasi

Lokasi: Desa Kersaratu Kecamatan Malingping, salah seorang pekerja (di tebing) saat akan mengambil batu di sekitar lokasi bangunan irigasi

Selain itu, di dua lokasi bangunan tersebut juga terlihat tidak dipasang pondasi untuk tumpuan pemasangan batu, melainkan tanah yang akan dipasang batu hanya dikorek ke bawah sekitar 10 centimeter.

Pengerjaan bangunan irigasi di Desa Cikaret Kecamatan Cigemblong

Pemasangan batu irigasi di Desa Cikaret Kecamatan Cigemblong

Diberitakan sebelumnya, kondisi serupa terjadi di Desa Cimenga Kecamatan Cijaku, baca selengkapnya: https://poros.id/5809/di-lebak-proyek-p3-tgai-disorot.html

Ketinggian Bangunan Irigasi

Di Desa Cikaret Kecamatan Cigemblong ketinggian bangunan irigasi berfariasi, ada yang tingginya 40 centi meter, sebagian ada juga yang tingginya 50 centimeter. Sementara untuk di Desa Kersaratu Kecamatan Malingping, meski tidak dilakukan pengukuran, namun sejumlah pihak menyebut bahwa ketinggian sudah sesuai dengan ketentuan.

Tinggi bangunan irigasi di Desa Cikaret Kecamatan Cigemblong 40 sampai 50 centimeter

Beda halnya dengan bangunan irigasi yang berlokasi di Desa Kertarahayu Kecamatan Banjarsari, selain bangunan tampak kokoh dan lebih lebar, ketinggiannyapun mencapai 80 centimeter. 

Namun demikian, karena dua pejabat terkait di BBWSC3 belum memberikan penjelasan, kondisi tersebut diatas tidak bisa disimpulkan apakah sudah sesuai spesifikasi teknis atau tidak. (Red)