Home Berita Utama Keadilan Semu di Lebak: Warga Diminta Ganti Rugi, Truk Merusak Jalan Dibiarkan

Keadilan Semu di Lebak: Warga Diminta Ganti Rugi, Truk Merusak Jalan Dibiarkan

491
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak disorot gara-gara meminta ganti rugi perbaikan median tanman jalan kepada pengendara pickup yang mengalami kecelakaan di Jalan Multatuli Rangkasbitung, Jumat (17/7) lalu.

Dengan adanya kejadian ini, Pemkab Lebak dinilai telah mempertontonkan ketidakadilan kepada masyarakat. Pasalnya warga yang secara tidak sengaja merusak median taman jalan dimintai ganti rugi, sementara di lain sisi truk-truk overtonase yang jelas-jelas menjadi penyebab kerusakan jalan seolah dibiarkan oleh dinas terkait yang berwenang.

Baca Juga: https://poros.id/5812/di-lebak-warga-tertimpa-musibah-malah-diminta-rp2-juta-oleh-dinas-lh.html

Sekjend Front Aksi Mahasiwa Rakyat Banten (Fakrab), Dede Yusuf mengaku menyesalkan atas terjadinya hal ini. Seharusnya kata Dede, DLH Lebak dapat berlaku adil, terlebih kerusakan median taman jalan itu terjadi bukan karena unsur kesengajaan. Bahkan, pihak yang dimintai ganti rugi juga, yakni Rudi, mengalami kerugian karena mobilnya yang rusak berat.

"Keadilan semu yang ditunjukan pemerintah kepada rakyat, hal tersebut disebabkan karena tidak mampu memberikan keadilan, jika memang adil perusak jalan yang lebih buas harus di tindak juga. Mobil overtonase yang membuat jalan berlubang misalkan, ini perlu di kaji kalau semua kejadian seperti ini," kata Dede melalui WA Messenger, Rabu 22/7/2020.

Dede pun meminta kepada DLH Lebak agar segera mengambil langkah bijak, lantaran menurutnya hal ini dapat memicu kemarahan masyarakat Lebak. "Dan ini harus dijadikan sebuah pelajaran, ke depan hal semacam ini tidak boleh terjadi lagi, karena sangat memilukan." tukasnya.

Sebelumnya, Rudi Sulaeman, warga asal Kecamatan Cirinten dimintai ganti rugi sebesar Rp2 juta lebih untuk perbaikan median taman jalan Multatuli. Median taman jalan itu rusak akibat terbentur mobil pickap Rudi yang tertabrak Avanza dibagian belakang. Rudi pun telah membayar uang ganti rugi tersebut pada Senin lalu. (Red)