Home Berita Utama Program Kampung RLA di Kelurahan Serang, Bangkitkan Kepedulian Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

Program Kampung RLA di Kelurahan Serang, Bangkitkan Kepedulian Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

83
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

SERANG - Lurah Serang, Kecamatan Serang Kota Serang Supardi mengungkapkan bahwa program Kampung Resik Lan Aman yang digagas Pemkot Serang telah mampu membangkitkan kesadaran masyarakat akan kepedulian terhadap keamanan dan kebersihan lingkungan. Ia pun menyampaikan apresiasi atas hadirnya program tersebut.

"Respons masyarakat baik. Program ini membangkitkan kesadaran masyarakat yang tadinya malas bersih bersih menjadi giat dan rajin. Pagi nyapu sore nyapu, ada perkembangan untuk mempercantik lingkungan," katanya ditemui di Kantor Kelurahan Serang, Senin 20/7/2020.

Begitupun dalam hal kemanana, lanjut Supardi, pos-pos ronda yang tadinya nyaris tidak ada aktifitas saat ini telah menjadi aktif kembali. Siskamling pun menurutnya, juga bertambah di beberapa titik. Dari 118 RT di Kelurahan Serang, sebagian banyak menurutnya sudah memiliki pos Siskamling.

"Tinggal yang diharapkan tindaklanjutnya, jadi program ini hanya pemantik saja, tapi menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan harus terus dilakukan, bukan hanya pada saat ada program ini," imbuhnya.

Injang Utami, Ketua RT 05/07, Lingkungan Sayabulu, Kelurahan Serang mengatakan bahwa hingga saat ini menurutnya kegiatan penataan lingkungan di wilayahnya masih terus berlanjut. Kesadaran masyarakat untuk menjaga keamanan pun, kata Injang, mengalami peningkatan sejak adanya program Kampung RLA ini.

"Kegiatannya masih berlanjut sampai saat ini, kita melakukan penataan secara bertahap. Semua masyarakat kompak, termasuk ibu-ibunya," kata Injang.

"Dari dulu juga disini memang sudah ada Pos Kamling, tapi sekarang digerakan lagi. Semenjak ada program ini menjadi aman, angka kriminal sejak Januari hingga sekarang tidak ada, dampak positifnya ada. Kesadaran masyarakat nya tinggi untuk menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan," imbuhnya. (ADV)