Home Berita Utama 2 Siswa Diterima Kuliah di UNJ Tak Mampu Bayar UKT, Guru SMAN 1 Cihara Patungan

2 Siswa Diterima Kuliah di UNJ Tak Mampu Bayar UKT, Guru SMAN 1 Cihara Patungan

758
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK - Marlina Susilawati dan Dano Supriatna, dua siswa berprestasi asal Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Cihara diterima kuliah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) setelah berhasil lulus mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020.

Namun harapan keduanya untuk dapat kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Jakarta itu nyaris kandas, lantaran orang tua keduanya tidak mampu membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar Rp4.100.000. Orang tua dari Marlina dan Dano hanyalah kuli serabutan yang penghasilannya tidak menentu.

"Rasanya untuk melanjutkan anak-anak saya kuliah dengan biaya UKT sebesar itu (Rp 4.100.000) sepertinya tidak mungkin. Saya itu orang gak punya, saya mau mundur saja,” kata Marlan orang tua dari Marlina, saat ditemui di kediamannya, Jumat 10/7/2020.

Marlan mengaku terpukul dengan kondisi ini, pasalnya anaknya yang semula sudah terlihat bahagia karena dapat diterima di PTN bergengsi, saat ini tampak terpuruk. Marlanpun mengaku tak mampu berbuat banyak, hanya bisa berdoa dan berusaha semampunya agar keinginan anaknya itu dapat terwujud.

Hal yang sama diungkapkan oleh Juli, orang tua dari Dano. Ia menuturkan, sekalipun harapannya ingin mewujudkan cita-cita anaknya sampai lanjut ke perguruan tinggi, namun dengan kondisi ekonomi yang terpuruk, Juli mengaku pasrah.

“Penghasilan saya itu tidak menentu, namanya juga kerja sebagai buruh serabutan, dapat buat makan saja sudah Alhamdulillah," ucapnya.

Mengetahui hal tersebut, Wakasek Kesiswaan SMAN I Cihara Fuad Aminur Rahman langsung mendatangi keluarga kedua siswanya tersebut guna memberikan support dan dukungan. Ia mengaku akan membantu dan memberikan solusi agar keduanya tetap dapat melanjutkan kuliah. Bahkan kata Fuad, para guru disekolahnya sudah patungan untuk membantu mereka berdua.

“Kami semua pihak guru-guru sudah berikhtiar mencari bantuan dana kesana-kemari, dengan tetap memberikan keyakinan dan harapan kepada mereka bahwa mereka pasti bisa meraih mimpinya untuk melanjutkan jenjang sekolah yang lebih tinggi, dan Alhamdulilah dari semua guru dan staf TU beserta Kepala Sekolah SMAN 1 Cihara telah menyisihkan sedikit rezekinya untuk membantu siswa kami tersebut, semoga membantu dan bisa sedikit meringankan biaya mereka," paparnya.

Sementara itu, Plt Kepala sekolah SMAN 1 Cihara, Cahya Irawan menambahkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi atas prestasi yang diraih dua siswanya tersebut. Iapun menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran dewan guru beserta staf TU dan kepada donatur yang sudah mau membantu meringankan beban yang dialami siswanya.

“Saya selaku kepala sekolah sangat bangga atas prestasi yang diraih siswa kami, kami sangat merasa bangga, dan saya ucapkan juga rasa terimakasih saya kepada seluruh jajaran dewan guru beserta staf tata usaha (TU) serta kepada para donatur atas support dan bantuannya, semoga kebaikan semuanya di gantikan sama allah dengan berlipat ganda,” katanya (Riswan/Red)