Home Berita Utama Pemdes Panggarangan Bagikan BLT DD Tahap I ke 103 KPM

Pemdes Panggarangan Bagikan BLT DD Tahap I ke 103 KPM

321
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK - Sebanyak 103 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Panggarangan Kecamatan Panggarangan Kabupaten Lebak terima Batuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) terdampak Covid-19 tahap I sebesar Rp.600.000 per KPM.

Penyaluran dilakukan di aula desa setempat dihadiri oleh Camat Panggarangan, Baninkabtinmas Kepolisian Sektor Panggarangan, Babinsa Komando Rayon Militer Panggarangan, Kepala Desa Panggarangan, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Panggarangan. Selasa 30/6/2020.

Buharta, Kepala Desa Panggarangan menuturkan bahwa penyaluran BLT-DD ini dilakukan sesuai dengan proses dan mekanisme yang berlaku. Penentuan KPM kata Buharta dilakukan melalui musyawarah desa dengan BPD dan RT/RW serta hasil validasi dan verifikasi dari Dinas Sosial Kabupaten Lebak dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Lebak guna menghindari penerima yang duoble.

Selain itu lanjut Buharta, pihaknya mengintruksikan kepada jajaran Pemerintah Desa Panggarangan untuk tidak melakukan pungutan apapun dengan alasan apapun.

"Jika ada perangkat desa yang meminta uang kepada KPM, segera lapor ke saya, saya akan tindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku". paparnya.

Di tempat yang sama, Aan Juanda Camat Panggarangan menyampaikan kepada masyarakat Panggarangan agar sadar diri jika ada penerima BLT yang tidak masuk kategori. Aan berharap agar Pegawai Negeri Sipil atau Pensiunan yang menerima BLT baik dari APBN, APDB I, APBD II, penerima PKH, BPNT, Jamsosratu agar segera dikembalikan kepada pemerintah pemerintah melalui pemerintah desa, untuk selanjutnya di setor kembali ke Kas Negara.

"Ini sesuai dengan surat dari Ibu Bupati Lebak. Saya berharap kesadarannya untuk segera mengembalikan, " Ujar Aan Juanda

Engkay Rohayati (50) tahun, salah seorang KPM yang menerima BLT-DD mengucapkan terimakasih terhadap Kementrian Desa dan Daerah Tertinggal RI, Pemerintah Desa Panggarangan, yang sudah menyalurkan BLT-DD kepada masyarakat yang tidak mampu imbas dari wabah Covid-19. Engkay mengaku uang BLT-DD yang diterimanya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarganya.

"Alhamdulillah saya sudah terima uang sebesar Rp 600.000 dan bantuan ini sangat menunjang terhadap kebutuhan dikeluarga saya pak," katanya. (Riswan/Red)