Home Berita Utama Kuliah Daring Selama Corona Tetapi Bayar UKT Full, Tagar #untirtakokpelit Jadi Trending Topik

Kuliah Daring Selama Corona Tetapi Bayar UKT Full, Tagar #untirtakokpelit Jadi Trending Topik

1056
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

SERANG - Tagar #untirtakokpelit jadi trending topik twitter di Indonesia dengan menempati urutan pertama, Jumat 12/6. Terpantau lebih dari 10 ribu tweet beredar di twitter menggunakan tagar ini. Ramainya kicauan yang belakangan diketahui diinisiasi oleh KBM Untirta itu, berawal dari keresahan para mahasiswa yang merasa sulit membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) di tengah pandemi Corona.

Salah satunya diungkapakan akun Diki Handoyo (@dckyh97). Ia menilai bahwa kebijakan rektor Untirta tidak pro terhadap mahasiswa, pasalnya meski kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring tanpa menggunakan fasilitas kampus, namun bayaran UKT tetap full alias tidak ada keringanan.

"Ditengah pandemi, bayar ukt semester ini tetap full, padahal fasilitas gak didapet, semester depan pun kuliah masih daring, rektor gak punya kebijakan menyeluruh yg pro mahasiswa emangnya? Kalo banyak yg cuti apa bukan jadi bomerang buat kampus? #untirtakokpelit" kicau Diki.

Dihubungi melalui WA Messenger, Presiden Untirta Movement Community (UMC), Farhan Al-muflih membenarkan bahwa gerakan yang dibangun ditwitter itu diinisiasi oleh KBM Untirta sebagai bentuk protes terhadap rektornya. Aksi ini ini terpaksa dilakukan, lantaran menurut Farhan, belasan kali audiensi telah dilakukan oleh mahasiswa, namun tidak membuahkan hasil.

"Kebijakan dari Untirta sama sekali tidak pro mahasiswa. Mahasiswa kuliah dalam semester ini hanya kurang lebih dua bulan dan dilanjut dengan kuliah daring, tetapi pihak kampus hanya mengeluarkan subsidi kuota Rp50 ribu/bulan, itu pun sistemnya pemotongan pas pembayaran UKT di semester ini, artinya mahasiswa tetap harus membeli kuota sendiri untuk kuliah daring selama 3 bulan," terang Farhan, Sabtu 13/6/2020.

Farhan pun berharap kepada Rektor Untirta agar segera mengeluarkan kebijakan yang pro terhadap mahasiswa, yakni memotong uang UKT sebesar 50 persen bagi seluruh mahasiswa Untirta, mengingat saat ini mereka tidak lagi menggunakan fasilitas kampus.

"Untirta juga sudah mengeluarkan surat edaran terkait dengan perkuliahan daring yang diperpanjang sampai Januari 2021, artinya kedepan akan minim fasilitas yang diberikan." tukasnya (Red)