Home Berita Utama Warga Kompak Ikuti Lomba Kampung RLA, Keluaran Kalang Anyar Bersih dan Asri

Warga Kompak Ikuti Lomba Kampung RLA, Keluaran Kalang Anyar Bersih dan Asri

522
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

SERANG - Program terobosan Pemerintah Kota Serang untuk mengatasi persoalan sampah dan kebersihan lingkungan muali menuai hasil. Padahal, sebelumnya pihak Pemkot sendiri mengakui bahwa persoalan sampah ini sudah bertahun tahun sulit terselesaikan. Lantaran, sampah dan kebersihan lingkungan kaitannya dengan kebiasaan dan kesadaran masyarakat.

Program yang diluncurkan Pemkot Serang itu adalah kegiatan lomba kampung resik lan aman atau RLA yang artinya lomba kampung bersih dan aman. Program ini diluncurkan tujuannya tak lain, yakni untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan keamanan lingkungannya masing-masing.

Pantauan wartawan, Jumat (12/6), program ini sudah dilaksanakan dengan baik oleh warga Kelurahan Kalang Anyar Kecamatan Taktakan Kota Serang. Beberapa kampung/lingkungan di kelurahan tersebut saat ini kondisinya tampak rapi tak ubahnya kampung wisata.

Seperti di Lingkungan Pekijing Kelurahan Kalang Anyar. Di setiap halaman rumah di kampung tersebut tampak rapi dengan hiasan bunga, gapura dan pagar yang warna warni. Selain itu, disetiap halaman rumah warga juga disediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir yang dilengkapi dengan sabunnya. Setiap halaman rumah terpantau bersih, tidak ada sampah yang berserakan.

Lurah Kalang Anyar, Anis Rohman mengungkapkan bahwa lomba kampung resik lan aman ini telah mampu menggenjot kesadaran masyarakat di wilayahnya sehingga dapat terbiasa membersihkan lingkungannya. Anis mengatakan bahwa, di kelurahannya ada enam titik atau enam lingkungan yang saat ini sudah tertata rapi dengan hiasan.

"Setiap kelurahan ada enam titik. Alhamdulillah warga di wilayah saya sangat antusias melaksanakan program ini. Sebelumnya warga disini memang sudah cukup rajin membersihkan lingkungannya, namun dengan adanya program ini lebih meningkat lagi," katanya ditemui di Lingkungan Pekijing, Jumat 12/6/2020.

Anis menerangkan bahwa belum lama ini wilayahnya sudah ditinjau langsung oleh istri Walikota Serang, Ade Jumaiyah Syafrudin. Menurut Anis, Ibu Wali yang merupakan ketua tim penilai itu, memberikan apresiasi kepada Kelurahan dan warga Kalang Anyar.

"Bu Wali turun langsung, beliau mengacungi jempol atas kekompakan warga di sini. Maka harapan saya warga tetap menjaga hiasan ini sampai diumumkan juaranya, yaitu bulan Agustus. Dan tentunya menjaga kebersihan lingkungan ini terus menjadi kebiasaan, jangan sampai kendor," papar Anis.

Lebih lanjut Anis menerangkan, untuk biaya menghias kampung ini, selain dana dari pemerintah, juga menurutnya sebagian ada dari swadaya masyarakat.

"Lomba kampung resik lan aman ini ada anggarannya dari pemerintah, tetapi Alhamdulillah dari masyarakat juga ada. Apalagi disini ada penggerak sekaligus penyandang dana, yaitu pak Edi. Sehingga sebetulnya setiap tahun juga ada kegiatan semacam ini (menghias kampung), karena ada penggeraknya." tukas Anis (ADV).