Home Berita Utama Mata Air Rusak, Pembangunan Embung di Panggarangan Diprotes

Mata Air Rusak, Pembangunan Embung di Panggarangan Diprotes

599
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK - Puluhan petani asal Kampung Ciijeuw Desa Sindangratu Kecamatan Panggarangan melakukan aksi protes dengan mendatangi lokasi pembangunan embung di blok Cikoleang Desa Sogong Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Jumat 29/5/2020.

Aksi ini dilakukan lantaran pembangunan embung yang merupakan program Dinas PUPR Bidang SDA Lebak di lahan seluas sekitar 600 meter persegi itu, dinilai telah merusak pohon-pohon yang merupakan pengatur siklus hidrologi di sumber mata air Cikoleang.

Surdi, salah seorang petani di kampung Ciijeuw mengungkapkan, kondisi itu telah membuat para petani di wilayahnya merasa dirugikan. "Pembangunan embung dilakukan di lahan yang merupakan sumber mata air, sehingga akan berdampak pada berkurangnya suplai air untuk kegiatan usaha budidaya padi sawah yang terletak di hilir sumber mata air," kata Surdi.

Menurut Surdi, pembangunan embung di areal tersebut dilakukan dengan menebang pohon-pohon yang berfungsi untuk mengatur siklus hidrologi. "Dari dulu, tempat yang di bangun embung itu adalah dungus (sumber mata air), kalau pohon-pohon yang ada di areal tersebut di tebang untuk selanjutnya dijadikan embung maka saya yakin sumber air alami akan berkurang," terangnya.

"Saya khawatir saat musim kemarau nanti sungai Cikoleang akan kering," imbuhnya.

Ahmid warga lainnya meminta agar lokasi pembangunan embung dipindahkan. "Kami bukan tidak sepakat ada pembangunan embung, namun kami kecewa, kenapa pembangunan embung harus dilakukan di areak mata air, apa tidak ada tempat lain ?. Kalau mau membangun embung, cari lokasi lain, jangan disitu. Itu kan mata air." tandas Ahmid.

Untuk diketahui pembangunan embung tersebut dikerjakan oleh CV. Dzakira Persada yang didanai APBD Lebak tahun 2020 sebesar Rp. 309.833.000, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bidang Sumber Daya Air Kabupaten Lebak. (Riswan/Red)