Home Berita Utama Warga Gembira, Desa Mandalasari Bagikan BLT Dana Desa Tahap I ke 135 KPM

Warga Gembira, Desa Mandalasari Bagikan BLT Dana Desa Tahap I ke 135 KPM

290
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

SERANG - Pemerintah Desa Mandalasari Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang, Banten membagikan bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa (BLT-DD) tahap pertama kepada sebanyak 135 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Kamis 28/5/2020.

Pembagian BLT DD yang dilangsungkan di kantor desa setempat ini dihadiri oleh seluruh unsur Muspika Kecamatan Kaduhejo, PD dan PLD dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Masing-masing KPM menerima bantuan dengan nilai nominal sesuai ketentuan Permendes PDTT nomor 6/2020, yakni Rp600 ribu/KK.

Kepala Desa Mandalasari Yudi Kusnandar menerangkan, 135 KPM yang menerima BLT Dana Desa itu menurutnya merupakan hasil pendataan yang dilakukan oleh tim relawan desa lawan Covid-19 yang menyasar keluarga miskin non PKH/BPNT dan belum menerima bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS), baik dari pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten.

"Kami pastikan penerima BLT DD ini tidak akan tumpang tindih dengan bantuan lainnya, karena dari mulai proses pendataan, validasi hingga finalisasi data penerima dilakukan dengan melibatkan semua pihak, tim relawan Covid-19 dan RT/RW yang tahu persis kondisi mereka. Dan tahap akhir sebelum pembagian dilakukan Musdes khusus," kata Yudi ditemui wartawan usai menggelar pembagian BLT.

Dengan adanya BLT Dana Desa ini, lanjut Yudi, diharapkan seluruh warga desanya yang ekonominya terkena dampak wabah Covid-19 dapat terbantu. "Semoga ini bisa menutupi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi. Dan semoga wabah Covid-19 segera berlalu sehingga perekonomian dan pembangunan desa dapat kembali berjalan normal," imbuhnya.

Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Pendamping Desa (PD) Kecamatan Kaduhejo Rasman Sudirjoe mengatakan bahwa hingga hari ini, seluruh desa di Kecamatan Kaduhejo, yakni 10 desa sudah melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) insidentil penetapan data penerima BLT Dana Desa.

"Yang sudah menyalurkan tiga desa, yaitu Desa Palurahan, Mandalasari dan Bayumundu. Kita tekankan kepada KPM penerima BLT DD ini agar uangnya dibelikan untuk kebutuhan pokok. Tidak untuk kebutuhan lainnya, seperti beli pulsa/kuota internet atau beli rokok." terangnya.

Wawam (40), salah seorang KPM BLT Dana Desa Mandalasari mengaku gembira dengan dengan adanya pembagian BLT DD ini. Menurutnya, bantuan ini sangat bermanfaat bagi keluarganya yang saat ini ekonominya tengah terpuruk.

"Saya akan belanjakan uang ini untuk kebutuhan pokok. Ini sangat bermanfaat, saya ucapkan terima kasih kepada Desa Mandalasari juga Kementerian Desa, karena program BLT DD ini sangat bermanfaat bagi kami," katanya. (Red)