Home Berita Utama Bangun Solidaritas Sosial, Puluhan Warga di Baksel Sisihkan BST Covid-19

Bangun Solidaritas Sosial, Puluhan Warga di Baksel Sisihkan BST Covid-19

2161
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK - Sbanyak 23 warga penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI di Kampung Pasir Eurih Desa Cimancak Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak menyisihkan sebagian uang yang didapatkannya untuk diberikan kepada warga lainnya yang belum mendapatkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Covid-19, baik dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten maupun BLT Dana Desa.

Hal ini dilakukan semata-mata sebagai bentuk solidaritas warga satu dan lainnya yang merasa tengah sama-sama menghadapi persoalan sulitnya ekonomi akibat terdampak wabah virus Corona. Semula, iuran ini diinisiasi oleh beberapa warga dan kemudian disepakati oleh sebanyak 23 penerima BST di Kampung tersebut. Dari yang diterima Rp600/KK, masing masing disisihkan Rp200 ribu.

"Ini atas kesadaran kami semua dan tidak ada paksaan dari pihak manapun. Karena kami menyadari, saat ini semua warga sangat membutuhkan, apalagi besok lebaran," kata Sarimudin salah seorang penerima BST.

Darmanto warga penerima BST lainnya menerangkan, dari uang yang disisihkan oleh mereka, terkumpul sebanyak Rp4,6 juta dan langsung dibagikan kepada warga terdampak lainnya, juga kepada kalangan dhuafa dan anak yatim piatu.

"Memang mungkin saja pada pencairan tahap selanjutnya mereka dapat, tapi prinsip kami di Kampung ini harus saling berbagi, karena kita sama sama sulit dan sama sama memiliki kebutuhan," ujarnya.

Ketua RT setempat, Sainar membenarkan hal tersebut, menurutnya uang itu dikumpulkan oleh warga kepada dirinya untuk kemudian dibagikan kembali kepada warga lainnya.

"Totalnya dapat Rp4,6 juta. Mereka juga membuat surat pernyataan. 56 KK kita berikan dalam bentuk uang, 30 bingkisan untuk kaum dhuafa dan santunan kepada 6 anak yatim," ujarnya.

Hal ini diapresiasi oleh tokoh pemuda desa setempat, Bukhori. Menurutnya, solidaritas sosial di tengah pandemi Covid-19 yang dibangun oleh puluhan warga di pelosok Lebak Selatan ini, patut diacungi jempol sekaligus dapat dijadikan contoh bagi warga lainnya.

"Ini memberikan edukasi yang baik dalam menjaga keakuran bertetangga, hal ini patut dijadikan contoh dan di aplikasikan oleh yang lain nya," katanya (Riswan/Red)




BERITA POPULER

Pembunuhan Sadis Ibu dan Anak Balita, Gegerkan Warga Cilograng

POROS.ID. Cilangkahan - Warga Kampung Cibunar Desa Gununggbatu Kecamatan Cilograng di buat geger oleh peristiwa pembunuhan sadis Ibu dan Balita yang...