Home Covid 19 6.028 KK di Malingping Sudah Terima BST Kemensos RI, dari APBD Belum

6.028 KK di Malingping Sudah Terima BST Kemensos RI, dari APBD Belum

267
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK - Sebanyak 6.028 Kepala Keluarga (KK) yang merupakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdampak Covid-19 di Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak sudah menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos RI tahap satu bulan April dari Kementerian Sosial Republik Indonesia yang disalurkan secara bertahap selama bulan Mei 2020.

Pencairan di minggu pertama bulan Mei sebanyak 449 KPM, kedua 1.902 KPM dan pencairan yang ketiga atau hari ini, Kamis (21/5) sebanyak 3.677 KPM. Jumlah penerima BST sebanyak 6.028 itu tersebar di 14 desa se-Kecamatan Malingping.

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Malingping Evi Febrianti menerangkan, pencairan yang dilakukan pada minggu pertama sebanyak 449 KPM, merupakan penerima BST yang datanya tercatat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan tercatat memiliki nomor rekening di bank.

"Yang 449 ini uang disalurkan melalui Bank (BRI, BNI, BTN), uang langsung masuk ke rekening masing-masing penerima," kata Evi ditemui saat melakukan pemantauan pencairan BST oleh Kantor Pos Malingping di Kantor Kecamatan Malingping, Kamis, 21/5/2020.

"Kemudian pencairan minggu kedua untuk 1.902 KPM. Datanya bersumber dari data Non DTKS, atas usulan pemerintah desa. Dan hari ini (21/5) dilakukan pencairan ketiga untuk 3.677 KPM, yang data penerimanya bersumber dari DTKS dan Non DTKS. Penyalurannya melalui Kantor Pos Malingping. Setelah Hari Raya Idul Fitri akan ada pencairan lagi," terang Evi menambahkan.

Jumlah penerima bantuan itu, kata Evi, dipastikan akan terus bertambah, mengingat alokasi anggaran dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) baik Provinsi maupun Kabupaten belum dilakukan pencairan.

"Mudah-mudahan semua warga yang terdampak prekonomian akibat wabah Covid-19 ini bisa tersentuh bantuan,” ujar Evi.

Terpisah, Kepala Kantor Pos Malingping Andi Suandi membenarkan bahwa untuk Kecamatan Malingping pihaknya sudah mencairkan BST bulan April sebanyak 5.579 KPM dan 449 melalui bank. Sementara untuk Kecamatan Cijaku dan Kecamatan Cigemblong dijadwalkan pada hari Jumat besok dan Sabtu.

"Kami pastikan penyaluran akan berjalan sesuai dengan rencana," ucapnya. (Riswan/Red)




BERITA POPULER

Protes Jalan 'Rp5 M' Cepat Rusak, Warga Lebak Desak APH Mengusut Tuntas

LEBAK - Ruas jalan Jalan Lebak Siuh (Cijaku) - Pasar Kupa (Cigemblong) yang merupakan jalan kewenangan Pemkab Lebak kondisinya kian memprihatinkan...

Warisi Spirit Syekh Nawawi

Berbagi Di Tengah Keterbatasan

17 Lembaga Terima Hibah 4 Kali