Home Berita Utama Pembangunan Ruas Jalan Cikotok-Batas Jabar Menuai Protes

Pembangunan Ruas Jalan Cikotok-Batas Jabar Menuai Protes

686
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK - Pengerjaan proyek peningkatan ruas jalan Cikotok-Batas Jabar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten yang menggunakan anggaran APBD Provinsi Banten Tahun 2019 sebesar Rp. 21.884.841.000 menuai protes.

Pengerjaan proyek yang dilaksanakan oleh PT. Revan Raditya Sejahtera itu diprotes lantaran diduga dalam item pekerjaan pelebaran jalan, agregat yang digunakan untuk timbunannya menggunakan material berupa batu cadas dan berlempung sehingga lapisan pondasi jalan menjadi tidak kuat dan tidak stabil.

Protes tersebut disampaikan oleh pemerhati pembangunan jalan Lebak Selatan, Ade. Dirinya mengaku menyayangkan cara kerja yang dilakukan oleh kontraktor PT. Revan Raditya Sejahtera yang diduga sengaja menggunakan material berupa batu cadas dan tanah berlempung yang tidak sesuai dengan standar SNI.

Menurut Ade, penggunaan material batu cadas dan tanah berlempung tersebut menunjukkan rekanan melakukan pekerjaan tidak sesuai dengan ketentuan pekerjaan jalan yang baik dan benar. Lebih lanjut Ade memaparkan ada gelaran BC 6 cm yang sudah retak dan nyaris amblas. Hal ini diduga karena timbunan menggunakan agregat yang tidak memenuhi standar SNI.

Baca Juga: https://poros.id/4950/bangun-jalan-cikotok-cibareno-pemprov-banten-alokasikan-rp21-8-miliar.html

Ade berharap agar dinas terkait dan Konsultan pengawas bisa menguji standar kelayakan pekerjaan. Apakah agregat tersebut masuk dalam standar SNI atau tidak.

“Konsultan pengawas dan PPK tidak menjalankan tugaskan secara baik dan benar sehingga ada ruang bagi rekanan untuk melakukan manipulasi dan lainnya,” kata Ade kepada wartawan, Selasa 15/10/2019.

Harun, pelaksana lapangan PT. Revan Raditya Sejahtera saat dikonfirmasi melalui sambungan WA tidak merespons, dan sampai saat ini wartawan belum berhasil menghubungi PT. Tanoeraya Konsultan, sebagai konsultas pengawas pada proyek ini. (Riswan/Red)