Home Artikel Hadiri!, Seminar Regional 'Arah Baru UMKM Pandeglang di Era Revolusi Industri 4.0'

Hadiri!, Seminar Regional 'Arah Baru UMKM Pandeglang di Era Revolusi Industri 4.0'

42
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

PANDEGLANG - Pemerintah Kabupaten Pandeglang bersinergi dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di wilayah Pandeglang menyelenggarakan seminar regional dengan tema "Arah Baru UMKM Pandeglang di Era Revolusi Industri 4.0" yang berlangsung di Aula Pendopo Kabupaten Pandeglang, Selasa 8/10/2019.

Acara yang akan dihadiri oleh Bupati Pandeglang, Irna Narulita yang juga selaku pemateri pada acara tersebut dibuka untuk umum, baik itu Mahasiswa, pelajar yang ingin berwirausaha, terlebih khususnya pelaku UMKM agar dapat hadir pada acara yang merupakan bagian dari agenda komitmen Pemda sebagai fasilitator guna mendongkrak UMKM di Pandeglang.

Ketua Organisasi UMKM Pandeglang Berdaya (Pandaya), Dede Ahmad Taofik menuturkan bahwa strategi yang harus diaplikasikan dalam era Revolusi Industri 4.0 adalah menyiapkan mindset UMKM, terutama bagi mereka para Startup yang baru memulai berwirausaha.

"Perlu ada pembinaan serta bimbingan khusus, karena pelaku usaha harus menguasai pengetahuan managemen yang cukup agar dapat bersaing, tidak seperti pegawai yang aturan mainnya sudah tertulis dalam SOP masing-masing perusahaan," kata Dede yang juga owner dari usaha kuliner Bakso Ngeces Pandeglang, Senin 7/10/2019.

Ditambahkan Dede, Pemerintah punya tanggungjawab besar dan harus semakin serius menggarap UMKM Pandeglang, hal tersebut dinilai sangat urgen karena saat ini sebagian besar penggerak perekonomian Pandeglang adalah UMKM.

"Keseriusan Pemda dapat ditunjukkan dengan berbagai hal, seperti sinergitas antar OPD dalam melakukan pendampingan, bimbingan serta pemasaran produk-produk UMKM, karena tidak sedikit gulung tikarnya pelaku UMKM yang disebabkan oleh faktor marketing (pemasaran)." paparnya (Agus/Red)