Home Gaya Hidup Kementerian PUPR Selamatkan 80 Hektare Sawah di Cibeber dari Kekeringan

Kementerian PUPR Selamatkan 80 Hektare Sawah di Cibeber dari Kekeringan

2036
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK - Sekitar 80 hektare sawah di Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak tidak lagi terancam kekeringan. Pasalnya, tahun ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jendral Sumber Daya Air (Dirjen SDA), melalui Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian mengalokasikan anggaran untuk Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) di Desa Situmulya Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak-Banten.

Pembangunan irigasi yang didanai melalui APBN tahun anggaran 2019 sebesar Rp195 juta itu, dilaksanakan dengan mekanisme swakelola oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Mekarjaya, yang berdomisili di Kampung Cisitu Desa Situmulya Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak.

"Program ini sangat bermanfaat bagi kami para petani padi sawah, karena dengan dibangunnya saluran irigasi maka ke depan tidak ada ada kekeringan pada lahan sawah kami," kata ketua P3A Mekarjaya, Adoy ditemui di lokasi, Sabtu 21/9/2019.

Adoy menjelaskan, sumber air saluran irigasi ini berasal dari Sungai Cisungsang. Sungai tersebut, kata Adoy, debit airnya berlimpah dan tidak pernah mengalami kekeringan, sekalipun dilanda kemarau panjang.

Irigasi ini, menurutnya akan mengairi sawah di blok Cibatubelang seluas sekitar 80 hektare. "Dulu sempat rusak dan tidak berfungsi. Alhamdulillah sekarang diperbaiki. Kita para petani di sini menyampaikan terima kasih kepada Kementrian PUPR," imbuhnya.

Kepala Desa Situmulya, Lili mengatakan, dengan hidupnya kembali saluran irigasi ini, ke depan para petani di desanya tidak akan lagi mengalami kesulitan air. Sehingga kesejahteraan para petani akan semakin meningkat. (Riswan/Red)