Home Berita Utama Di-PHK Sepihak, Puluhan Karyawan PT. Enternal Gelora Tuntut Dipekerjakan Kembali

Di-PHK Sepihak, Puluhan Karyawan PT. Enternal Gelora Tuntut Dipekerjakan Kembali

1764
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

TANGERANG - Sebanyak 26 Pekerja yang telah diputus hubungan kerja (PHK) secara sepihak oleh PT. Eternal Gelora Putra sejak 29 Agustus lalu, hari ini berunjuk rasa di depan gerbang menuntut agar mereka dapat dipekerjakan kembali.

Diketahui bahwa para pekerja yang diberhentikan adalah mereka yang menjadi Pengurus serta Anggota dalam Pengurus Unit Kerja (PUK) Serikat Buruh Perjuangan Reformasi (SBPR) di perusahaan yang beralamat di Jl. Bumi Mas 1 No.11, Kawasan Industri Cikupa Mas, Kabupaten Tangerang, Banten.

Sebelumnya, Ketua PUK SBPR atas nama Abdul Rohim telah diberhentikan oleh perusahaan dengan alasan efisiensi sejak tanggal 22 Juli 2019. Salah satu pekerja yang diPHK juga selaku Sekretaris Serikat, Dade Iwan Setiawan mengaku kecewa terhadap pihak perusahaan yang menurutnya bersikap arogan yaitu memberhentikan para pekerja dengan alasan yang tidak logis.

"Kami diberhentikan dengan alasan mangkir karena dari tanggal 19 sampai 29 Agustus kemarin tidak masuk bekerja, padahal kami sedang melakukan aksi mogok kerja yang berlangsung di dalam area perusahaan dan kegiatan tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur," kata Dade, Kamis 5/9/2019.

Menurut Dade, perusahaan dinilai telah melakukan pemberangusan serikat (union busting) dengan tidak memberikan ruang kepada pekerja untuk berorganisasi sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Kebebasan Berserikat.

"Tuntutan kami untuk perusahaan tidak banyak, pertama berilah kami kebebasan untuk berserikat sesuai UU yang berlaku, yang kedua pekerjakan kembali saudara Abdul Rohim selaku Ketua Serikat beserta Pengurus dan Anggota yang telah diberhentikan, dan terakhir sediakan ruang sekretariat." pukasnya (Agus/Red)