Home Berita Utama Tongkang Terdampar, Batu Bara PT. Cemindo Tumpah Sebabkan Air Laut Tercemar

Tongkang Terdampar, Batu Bara PT. Cemindo Tumpah Sebabkan Air Laut Tercemar

295
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK - Akibat terhempas gelombang yang disertai angin kencang, sebuah kapal tongkang yang mengangkut batu bara seberat 7.500 ton terdampar di pantai Ranca Beureum Kampung Cikumpay, Desa Bayah Barat, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak Selasa 16/7/2019.

Puluhan ton batu bara asal Kalimantan itu, sedianya akan dikirim ke pabrik semen merah putih PT. Cemindo Gemilang, namun nahas, sekitar lima kilo lagi sampai ke Terminal khusus (Tarsus) PT. Cemindo, kapal tongkang bertuliskan BG Batang itu tiba tiba terdampar dan sebagian batu bara tumpah di tepi pantai.

Deni (40) salah seorang warga Kecamatan Bayah mengungkapkan kondisi saat ini. Menurutnya, bongkahan-bongkahan batu bara berserakan di sepanjang garis pantai Bayah sampai Cimangpang, Kecamatan Panggarangan. Akibatnya, air laut di daerah perairan tersebut menjadi tercemar dan warnanya berubah menjadi kehitam-hitaman.

Deni juga meminta kepada pihak terkait, baik pihak yang mengirim, maupun pihak yang menerima kiriman batu bara, agar segera membersihkan bongkahan batu bara yang berserakan itu, sehingga pencemaran air laut tidak semakin meluas.

"Kalau tidak segera dibereskan maka akan semakin meluas, jangan hanya dibiarkan, tetapi harus ada yang bertanggung jawab," katanya, Kamis 18/7/2019.

Kepala Wilayah Kerja (Kawilker),  Syhabandar Bayah Ace Mochamad Noh, membenarkan bahwa kapal tongkang itu sedianya akan bongkar batu bara di Tersus PT Cemindo Gemilang. Hingga saat ini, kapal tongkang masih berada di tempat semuala dengan kondisi masih berisi batu bara.

"Kejadiannya pada Selasa sekira pukul 14.00 WIB, saat itu tiba-tiba saja angin berhembus sangat kencang dan ombak yang besar hingga tali tambatan terputus dan mengakibatkan tongkang terseret hingga akhirnya terdampar." katanya. (Riswan/Red)