Home Berita Utama Minta Mendes PDTT Naikan Gaji PD dan PLD, Cak Imin: Insya Allah Bisa

Minta Mendes PDTT Naikan Gaji PD dan PLD, Cak Imin: Insya Allah Bisa

547
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

SERANG - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, mengungkapkan bahwa dirinya sudah meminta kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo untuk menaikan gaji Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD).

Pernyataan itu disampaikan melalui akun twitternya, Rabu 09/01/2019. Menurut Cak Imin, TPP Pendamping Desa (PD) dan PLD memiliki peran yang signifikan dalam fasilitasi dan pendampingan pengelolaan Dana Desa (DD).

Baca Juga: PDTI Masih Kurang, Rekrutmen Tahun Depan Gubernur Tolak Droping dari Luar Banten

Kehadiran PD dan PLD yang merupakan perintah Undang-undang Desa No 6 tahun 2014 itu, kata Imin, pembangunan desa yang sumber dananya dari Dana Desa saat ini terus membaik.

"Dana desa sudah nyata manfaatnya, pembangunan dari bawah telah dimulai dengan baik, para #pendampingdesa punya peran “significant” . Saya sdah minta mas @EkoSandjojo menteri @KemenDesa yg kader PKB itu untuk bisa menaikkan honor pendamping desa, terutama PLD. Insyaalloh bisa!," paparnya.

Hingga berita ini dilansir, wartawan belum mendapat konfirmasi dari pihak-pihak terkait, mengenai berapa gaji PD dan PLD saat ini. 

Adapun tugas pokok PD dan PLD antara lain, mendampingi Pemerintah Desa dalam implementasi UU Desa, fasilitasi Kaderisasi Masyarakat Desa dalam rangka pelaksanaan UU Desa, fasilitasi penyusunan produk hukum di desa dan/atau antar desa, fasilitasi kerjasama antar desa dan dengan pihak ketiga dalam rangka pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Kemudian mendampingi desa dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan terhadap pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa, fsillitasi Koordinasi kegiatan sektoral di desa dan pihak terkait, dan fasilitasi pemberdayaan perempuan, anak dan kaum difable/berkebutuhan khusus, kelompok miskin dan masyarakat marginal. 

PD mengawal implementasi UU Desa di level kecamatan, sementara PLD mengawal implementasi UU Desa di level desa. [Red]





BERITA POPULER

Evaluasi Hasil Pemilu 2019, PPP Gelar Mukernas Selama Dua Hari di Banten

SERANG - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) IV di Hotel Ledian Kota Serang, Jumat 19/7 sampai...