Home Berita Utama Dibiayai Swadaya Masyarakat, SSB Rintisan Kusman Efendi Sudah Berjalan 8 Tahun

Dibiayai Swadaya Masyarakat, SSB Rintisan Kusman Efendi Sudah Berjalan 8 Tahun

463
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

PANDEGLANG - Jika dibandingkan dengan cabang olahraga lain, sepak bola masih menjadi salah satu yang memiliki peminat paling banyak bagi semua kalangan. Dari usia dewasa, remaja hingga anak-anak sekalipun sangat menikmati permainan si kulit bundar ini.

Seiring perkembangan zaman, para pemerhati yang bergerak di bidang pengembangan bakat pesepak bola sejak usia dini baik di kota-kota besar atau yang berada di daerah sekalipun kini sudah mulai serius mengelola dengan memfasilitasi atau memberikan wadah berupa Sekolah Sepak Bola (SSB).

Hal ini yang dilakukan oleh Kusman Efendi, dia berhasil mendirikan dan mengelola SSB yang diberi nama Cikeusik United yang telah terbentuk sejak 2011 silam.

Berangkat dari pemikiran tentang kemaslahatan yang akan didapat oleh generasi penerus melalui kegiatan tersebut, SSB besutan pemuda asal Pandeglang ini telah berhasil mendapatkan beberapa tropi besar. Diantara piala yang diraih oleh Cikeusik United ialah Juara 1 Liga Bina Prestasi antar SSB se-Provinsi Banten Tahun 2012 yang berlangsung di Tangerang.

Adapun anak didik yang terdaftar di SSB Cikeusik United hingga 2019 ini berjumlah 75 peserta dibagi menjadi 3 kelompok usia yang terdiri dari U 8-10 tahun (25 orang), U 10-12 tahun (20 orang), dan U 13-19 tahun sebanyak 30 orang.

Kusman yang pada tahun politik ini juga maju sebagai Calon Legislatif di DPRD Kabupaten Pandeglang Dapil 3 (Bojong, Picung, Sindangresmi, Munjul, Angsana, dan Cikeusik) nomor urut 7 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berharap SSB yang dirintis dengan bantuan swadaya dari masyarakat tersebut dapat terus berkembang dan berprestasi di tingkat yang lebih tinggi.

"Saya yakin dengan kemauan kami yang kuat disertai support dari semua elemen, SSB ini dapat memberikan banyak manfaat bagi mereka terutama hal yang positif seperti perilaku hidup sehat. Karena di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat," papar Ketua PK KNPI Kecamatan Cikeusik tersebut saat dihubungi oleh tim poros.id pada 5/1/2019

Dia juga berharap do'a serta dukungannya bagi SSB Cikeusik United khususnya untuk warga Pandeglang yang akan berkompetisi di tingkat nasional mewakili Kabupaten Pandeglang pada Liga GEAS (Generasi Emas Anak Sepakbola) yang akan berlangsung di Bogor pada 25-27 Januari 2019 yang akan datang.

"Semoga dalam ajang kali ini, kami dapat pulang bukan dengan tangan kosong." pukasnya [Agus/Red]