Home Politik Bawaslu dan KPU Kompak, APK Calon DPD Memuat Foto Bupati Lebak Tidak Boleh

Bawaslu dan KPU Kompak, APK Calon DPD Memuat Foto Bupati Lebak Tidak Boleh

493
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak, Ace Sumirsa Ali menyatakan bahwa spanduk dan baliho Calon DPD RI Dapil Banten M Farid Darmawan yang memuat foto Bupati Lebak sekaligus Ketua Partai Demokrat Banten, bukan APK yang pencetakannya difasilitasi oleh KPU.

Ace menegaskan, apabila Calon DPD tersebut menyerahkan desain APK seperti itu, maka KPU pasti menolaknya, karena menurutnya hal itu tidak diperbolehkan.

"Tidak akan kita terima, tidak boleh. Desain yang diterima KPU tidak ada foto bupatinya. Ketua partai atau bupati itu tidak boleh mengkampanyekan peserta pemilu lain selain Capres Cawapres. Dan calon DPD juga tidak boleh kampanye atas nama Parpol,” kata Ace ditemui di sekretariat KPU Lebak, Jumat 23/11/2018 kemarin.

Terpisah, Divisi pengawasan Bawaslu Lebak, Ade Jurkoni mengungkapkan hal yang sama. Meski foto yang dimuat di APK tersebut sifatnya foto keluarga, namun kata Ade jabatan Iti selaku Bupati Lebak dan Ketua Partai Demokrat tetap melekat.

“Meski itu istrinya tetapi jabatannya melekat, pertama selaku bupati kedua ketua partai politik, jadi tidak boleh. Kalau aturan KPU tidak boleh, kita tidak boleh, pengawasan kita akan fokus ke aturan KPU.” tukasnya.

Baca Juga: Dipasang di Tempat Terlarang, APK Calon DPD Memuat Foto Ketua Partai Ditertibkan Panwascam Bayah

Berikut beberapa APK Farid yang terpasang di beberapa wilayah di Kabupaten Lebak selain yang terpasang di area lokasi kegiatan MTQ Lebak.

Di pagar depan Terminal Bayah, beberapa waktu lalau telah dicopot oleh tim kampanye bersama Panwascam Bayah karena lokasi pemasangan melanggar ketentuan.

Di jalur jalan Malingping Gunung Kencana, terpasang beberapa titik, Senin 19/11/2018.

Di jalur Jalan Rangkasbitung Pandeglang, tepatnya di wilayah Desa Mekar Agung, Kecamatan Cibadak. Bahkan selain memuat foto iti, dalam spanduk ini pun bertuliskan “Bang Farid Dermawan dan Hj. Iti Octavia Jayabaya, Bupati Lebak, Jumat 23/11.