Home Politik Soal Ada Bagi-bagi Kartu Nama Suami Bupati Lebak, Perades Diminta Jaga Netralitas

Soal Ada Bagi-bagi Kartu Nama Suami Bupati Lebak, Perades Diminta Jaga Netralitas

320
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK – Ketua Forum Kajian Pemuda Mahasiswa (FKPM) Lebak, Sudandi Kowih menyesalkan atas adanya bagi-bagi kartu nama calon anggota DPD RI RI Dapil Banten Mochamad Farid Darmawan, yang merupakan suami dari Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, di acara Mubes Perades pada 3/11/2018 lalu.

Secara tidak langsung menurutnya, hal itu berpotensi menyaret para perangkat desa untuk melakukan politik praktis. Sesuai regulasi, tegas dia, perangkat desa dilarang melakukan politik praktis dalam proses pelaksanaan pesta demokrasi.

“Karena sudah jelas bahwa Perades harus profesional dan dilarang keras untuk terlibat politik praktis. Larangan tersebut termaktub dalam Undang- Undang nomor 4 tahun 2014 tentang desa,” kata Sudandi kepada Poros.id, Jumat 16/11/2018.

Baca Juga: Ada Bagi-bagi Kartu Nama Calon DPD RI di Acara Mubes Perades, Kepala DPMD Lebak Diperiksa Bawaslu

Selain itu, lanjut Sudandi, Dinas PMD Lebak selaku dinas yang menaungi para perangkat desa dapat cerdas untuk melakukan upaya-upaya agar Perades tak  terlibat politik praktis.

“Dan keterlaluan jika justru malah mengarahkan untuk memilih calon tertentu. Justru optimalkan himbauan agar Perades bersikap profesional dan tidak memihak pada siapapun, termasuk calon DPD walaupun notabene suami dari Bupati Lebak.” tukasnya

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lebak, Rusito diperiksa Bawaslu Lebak, terkait adanya bagi-bagi kartu nama calon anggota DPD RI pada acara Musyawarah Besar (Mubes) Korp Perangkat Desa (Perades) yang digelar di Hall Kampus La Tansa Mashiro, Rangkasbitung, Sabtu 3/11/2018.

Kartu nama yang dibagi-bagi pada acara tersebut itu tak lain, yakni milik calon DPD RI Dapil Banten Mochamad Farid Darmawan, yang merupakan suami dari Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya.

Mubes Perades tersebut dihadiri oleh sebanyak 1.672 orang Prades ber-NRPDes dari seluruh desa se-Kabupaten Lebak. Hadir pada acara tersebut, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Kepala DPMD Lebak Rusito dan calon anggota DPD RI M Farid Darmawan, yang merupakan suami dari Iti Octavia. [Red]