Home Pemerintahan Merasa Diintimidasi Pada Pembebasan Lahan Waduk Karian, Warga Ancam Demo BPN Lebak

Merasa Diintimidasi Pada Pembebasan Lahan Waduk Karian, Warga Ancam Demo BPN Lebak

8700
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

LEBAK - Pengadaan lahan untuk proyek pembangunan Bendungan Karian di Desa Pasirtanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak tidak berjalan mulus. Sederet persoalan dikeluhkan warga di sekitar proyek tersebut, dari mulai lambatnya pembayaran tanah hingga adanya intimidasi dari pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Sebetulnya banyak permasalahan yang pelik berkembang di masyarakat yang tinggal di sekitaran Waduk Karian hingga sampai saat ini, mulai dari pembebasan lahan yang belum dibayarkan hingga adanya intimidasi pemerintah," kata Muhammad Arif, tokoh pemuda asal Kampung Cisonggom Desa Parung Sari Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, kepada wartawan, Rabu 05/09/2018.

Arif menjelaskan, intimidasi yang dimaksud adalah adanya 'pemaksaan' dari pihak BPN agar warga memberikan tanahnya untuk lahan proyek. Meski ada yang keberatan, namun warga diminta ikhlas menjual tanahnya.

Dengan kondisi itu, lanjut Arif, warga yang tidak bersedia menjual tanah warisan nenek moyangnya itu dalam waktu dekat ini akan melakukan aksi demonstrasi ke BPN Lebak, guna melakukan penolakan.

"Kami akan turun ke jalan dan melakukan demonstrasi ke BPN Lebak dalam waktu dekat, mengingat kata ikhlas itu berat dicapai ketika kami harus pergi dari tempat kami lahir, kecil, hingga besar seperti sekarang ini," tandasnya.

Selain itu, Arif pun meminta agar pemerintah melakukan controling yang maksimal dalam proses pembebasan lahan itu, dia khawatir ada oknum-oknum memanfaatkan momen tersebut.

"Semoga saja pemerintah lebih banyak mengkaji lagi dalam setiap kebijakan, agar jangan sampai ada sekelompok masyarakat di rugikan, dan melakukan pengontrolan yang maksimal terhadap kebijakan yang sudah dikeluarkan tersebut, agar tidak adanya pihak yang bermain dan merugikan masyarakat awam." tukasnya.

Sebelumnya, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lebak, Banten meminta masyarakat mendukung pembangunan  Waduk Karian untuk kepentingan nasional.

Karena itu, pihaknya meminta masyarakat mengutamakan kepentingan nasional dan kepentingan ketahanan pangan generasi mendatang. "Kami minta masyarakat mau merelakan pembebasan lahan untuk pembangunan Waduk Karian itu," kata Kepala BPN Kabupaten Lebak Ady Muchtadi dikutip dari Antaranews, Selasa 28/8. [Eza/Red]