Home Berita Utama Akses Jalan Menuju Persawahan Rusak, Kades Bolang Minta Bantuan Pemda

Akses Jalan Menuju Persawahan Rusak, Kades Bolang Minta Bantuan Pemda

2855
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

POROS. ID,  LEBAK -  Kepala Desa Bolang, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Mamun, mengatakan, wilayah Desa Bolang memiliki luas seluas 1.720 hektare. Dari 1.720 hektare tersebut, sekitar 30 persen merupakan pemukiman warga dan sisanya sekitar 70 persen merupakan area persawahan.

Untuk itu Mamun meminta kepada pemerintah daerah agar dapat lebih memperhatikan infrastruktur jalan menuju ke persawahan. Menurutnya saat ini masih ada sekitar 7 kilo meter jalan menuju persawahan didesanya yang kondisinya rusak parah sehingga sulit untuk dilewati kendaraan roda empat.

Akibat kondisi ini, lanjut Mamun, para petani pun jadi merugi, lantaran biaya yang harus dikeluarkan oleh mereka untuk mengangkut hasil panen menjadi lebih besar. 

"Biasanya kalau panen,  masyarakat menggunakan kendaraan bermotor untuk mengangkut padi hasil panen. Satu karung padi dihargakan Rp 25 ribu, sedangkan kalau pakai mobil hanya Rp 5 ribu saja. Jadi masyarakat sering rugi, " katanya saat di temui Poros.id di rumahnya, Minggu 13/04/2018.

Mengingat untuk perbaikan jalan tersebut tidak tercover jika harus dibiayai melalui Dana Desa (DD), Mamun meminta kepada Pemda untuk dapat memberikan bantuan ke desanya melalui bantuan daerah.

"Saya harap pemerintah bisa memperhatikan jalan yang menuju persawahan itu,  karena kasihan masyarakat kalau panen, terlebih kalau panennya gagal," imbuhnya.

Selain itu kata Mamun,  Persawahan yang berada di desanya tersebut, dimiliki oleh warga dari luar Desa Bolang, sehingga pihaknya kerap kesulitan dalam melakukan penagihan pajak.

"Sawahnya kan banyak milik warga yang dari luar desa,  luar Kecamatan dan ada juga yang dari luar kabupaten. Sangat sulit untuk membayar Pajak tahunan (PBB), jadi pihak desa lah yang harus menggantinya." tukasnya [Rudi/Red]