NEWS UPDATE

33 Taman Kota di Kota Serang Tidak Sesuai Fungsi RTH

";
33 Taman Kota di Kota Serang Tidak Sesuai Fungsi RTH
Taman Kota di bunderan Ciceri, Kota Serang yang tidak sesuai fungsi RTH

POROS.ID, SERANG.- Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kota Serang, Hidayat mengakui bahwa fungsi Ruamg Terbuka Hijau (RTH) di Kota Serang banyak berubah fungsi. Padahal menurutnya Kota Serang sudah memiliki 33 taman Kota. 

"RTH di Kota Serang yang berjumlah 33 banyak yang tidak berfungsi sesuai dengan tujuan awalnya yakni sebagai salah satu ruang untuk membentuk keindahan dan kenyamanan masyarakat," katanya, di Kota Serang, Kamis 12/04/2018.

Jumlah 33 taman tersebut tersebar di beberapa lokasi seperti di Ciceri Bunderan, Taman Kopassus, Taman Sari, Taman K3 Ciceri, Stadion Maulana Yusuf dan beberapa taman lainnya.

Pantauan awak media, beberapa taman seperti di stadion maulana yusuf, Ciceri, Kota Serang yang merupakan salah satu RTH di Kota Serang justru lebih layak disebut sebagai pasar. Selain itu, taman K3 di Jalan Jenderal Sudirman, Ciceri dan Tamansari tidak optimal fungsinya sebagai taman. 

"Iya betul (beralih fungsi), Seperti taman sari kan itu RTRW nya masih RTH ya, tapi kesininya digunakan oleh kuliner dan penampungan PKL," kata Hidayat.

Ia mengatakan bahwa kedepannya memang harus dilakukan revitalisasi pada RTH yang beralih fungsi tersebut. Namun saat ini menurutnya Perkim masih terkendala dengan anggaran. "Kita menyangkut anggaran ya (revitalisasi) sebenarnya kalau cita-cita mah tinggi, setinggi langit malah," ucapnya.

Dituturkan Hidayat, saat ini Pemerintah Kota sedang mengupayakan untuk membangun RTH di kecamatan-kecamatan. Sehingga pembangunan tidak terpusat hanya di wilayah Kota Serang. "RTH itu kita sebar di kecamatan-kecamatan tidak terpusat diwilayah Kota Serang saja . Sekarang ini 2018 baru membuat RTRW RTH di kecamatan," tuturnya mengakhiri.(Red)




Komentar Via facebook