Home Berita Utama Pilkada Lebak, Pengamat: Malu Petahana Kalau Tidak Menang

Pilkada Lebak, Pengamat: Malu Petahana Kalau Tidak Menang

933
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

POROS.ID, SERANG - Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Untirta Banten, Suwaib Amiruddin memprediksi calon petahana Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi bakal unggul pada Pilkada Lebak 2018. Kata Suwaib, Iti-Ade akan bekerja keras karena akan malu kalau sampai kalah oleh kolom kosong.

"Malu petahana kalau tidak menang, karena petahana akan bekerja keras. Malu orang itu kalau kalah dengan kotak kosong, jadi saya berasumsi tetap orang yang akan menang," katanya, ditemui usai menjadi pembicara dalam dialog publik 'Demokrasi dan Kepemiluan yang mengusung tema partisipasi masyarakat pada pilkada serentak' yang digelar Pemuda Muhammadiyah Banten, Sabtu, 10/03/2018.

Suwaib mencontohkan, kemenangan telak melawan kolom kosong dibuktikan pada Pilkada lalu di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung. Calon tunggal Khamamik unggul 80 persen atas kolom kosong.

"Yah seperti di Mesuji ada namanya pak Khamamik itu adalah calon tunggal dan dia menang 80 persen, karena malu kalau kalah sama kotak kosong," imbuhnya.

Namun jika mau bekerja keras, lanjut Suwaib, tidak menutup kemungkinan kotak kosong atau kolom kosong itu akan menang.

"Yang penting tim kampanyenya juga kuat, hanya yang perlu diingat bahwa orang yang mau bergerak selalu orientasinya kepada ongkos  politik, karena dia akan jalan, dia butuh bensin. Kotak kosong itu kan tidak mempunyai apa-apa," paprnya. (Rudi/Red)