Home Berita Utama Sudah Miliki IPAL, RSUD Malingping Bantah Limbah Cemari Kali di Desa Rahong

Sudah Miliki IPAL, RSUD Malingping Bantah Limbah Cemari Kali di Desa Rahong

8486
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

POROS.ID, LEBAK - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Malingping, membantah telah membuang limbah cair ke aliran sungai Batukarut yang membentang sepanjang 1 kilometer di Kampung Sukajadi, Desa Rahong, Kecamatan Malingping.

Dikutip dari TitikNol, bantahan tersebut disampaikan Nasrudin, Kepala Bidang (Kabid) Keperawatan RSUD Malingping Kamis, 20/7/2018. Dia memastikan tidak setetes pun air limbah dari rumah sakit Malingping mengalir ke sungai yang digunakan cuci dan mandi oleh sekitar 50 warga Kampung Sukajadi itu.

Menurut Nasrudin, RSUD Malingping sudah memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), sementara jarak bak penampung dari IPAL tersebut jauh dari lokasi aliran sungai Batukarut.

"Jadi tidak benar kalau dibilang ada aliran limbah cair yang mengalir ke sungai atau kali Batukarut itu. Kemarin kami sudah panggil kepala desanya dan kami hadirkan juga sejumlah wartawan. Kalau pun ada aliran air ke kali itu, mungkin hanya rembesan, tapi jarak bak penampung jauh dari aliran kali paling kalau rembesan pun habis di jalan," ujar Nasrudin.

Selain itu kata Nasrudin, hasil uji lab air limbah RSUD Malingping sudah ditunjukan kepada sejumlah wartawan dan kepala desa setempat. "Hasil uji lab air limbahnya nol, jadi tidak berbahaya." tukas Nasrudin. 

Diberitakan sebelumnya, sejumlah warga di Kampung Sukajadi, Desa Rahong, mengeluhkan kondisi air kali yang terkadang bau dan kotor. Kondisi itu diduga tercemari limbah dari RSUD Malingping.

"Tapi cuma kadang-kadang doang, kadang keruh dan bau, kadang bersih. Di sepanjang kali ini ada 6 titik tampian yang digunakan untuk mandi dan cuci oleh warga." kata Yoyo, warga setempat, belum lama ini (Tn/Red)




BERITA POPULER

Sodetan Cibinuangeun Selesai Dibangun, Sungai Kumuh dan Kotor

LEBAK - Meski sempat menuai ragam persoalan, proyek Penanganan Sungai Cibinuangeun, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak milik Dinas Pekerjaan Umum...