Home Berita Utama Kali Tempat Mencuci dan Mandi di Desa Rahong Diduga Tercemari Limbah RSUD Malingping

Kali Tempat Mencuci dan Mandi di Desa Rahong Diduga Tercemari Limbah RSUD Malingping

8029
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

POROS.ID, LEBAK - Warga di Kampung Sukajadi, Desa Rahong, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak mengeluh, lantaran kali sepanjang sekitar 1 kilo meter yang biasa digunakannya untuk cuci dan mandi sejak puluhan tahun lalu, saat ini diduga tercemari limbah dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Malingping.

Yoyo (45), warga setempat mengungkapkan, meski merasa risih, namun ada sekitar 25 Kepala Keluarga di Kampung tersebut yang terpaksa tetap menggunakan air yang keruh dan bau itu. Sedikitnya di sepanjang kali tersebut ada sekitar 6 titik yang dijadikan tampian (tempat cuci dan mandi) oleh warga, salah satunya disebut Tampian Ranca Beureum.

"Mau gimana lagi, hanya ini tempat buat mandi dan nyuci warga disini. Risih juga sih, takut jadi penyakit, tapi mau gimana lagi yah," ujarnya, Jumat, 14/07/2017.

"Tetapi cuma kadang doang, kadang bersih, kadang keruh dan bau," imbuhnya.

Ade (40), warga lainnya mengakui, warga di wilayah tersebut hanya menggunakan air kali hanya untuk mandi dan mencuci pakaian. "Kalau buat minum ada sumur milik warga, dipakai bareng-bareng, di kali mah paling nyuci baju, nyuci prabotan sama mandi doang," terangnya.

Terpisah, Kepala Desa Rahong, Ubed Jubaedi membenarkan hal tersebut, ia mengaku merasa kasihan melihat kondisi warganya tersebut. Dengan kondisi ini, Ubed meminta kepada pihak RSUD Malingping agar dapat memberikan konvensasi kepada warga terdampak.

"Jika memang pembuangan limbah tidak bisa dialihkan ke tempat lain, pihak RSUD sepantasnya harus memberikan konvensasi kepada warga. Karena yang namanya limbah, itu bisa membahayakan, baik dalam waktu dekat, maupun lambat laun. Harus dibuatkan sumur umum." tukasnya (Yong/Red)




BERITA POPULER

Sodetan Cibinuangeun Selesai Dibangun, Sungai Kumuh dan Kotor

LEBAK - Meski sempat menuai ragam persoalan, proyek Penanganan Sungai Cibinuangeun, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak milik Dinas Pekerjaan Umum...