Home Berita Utama Didominasi Lulusan SMK, Pembuatan Kartu Pencari Kerja di Kota Serang melonjak

Didominasi Lulusan SMK, Pembuatan Kartu Pencari Kerja di Kota Serang melonjak

10356
SHARE
Dukungan penuh dari Orang tua Bagi Karier Jessica Mila

POROS.ID, SERANG - Permohonan pembuatan kartu pencari kerja (kartu kuning) di Kota Serang melonjak hingga dua kali lipat. Lonjakan tersebut disebabkan lulusan Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) lebih memilih bekerja dari pada melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Rusdiyanti selaku Kasi Penempatan Ketenagakerjaan Disnaker Kota Serang mengatakan, angka pencari kerja di Kota Serang dihitung sejak bulan Januari sampai bulan Mei 2017 meningkat signifikan, pada Januari 671, Februari 541, Maret 694, April 619 dan Mei 1.099 pembuat kartu kuning, total 3.624 orang.

"Mei sampai Juni dipastikan ada kenaikan kembali dikarenakan adanya pelepasan siswa baik SMA/SMK, penyokong tersebar itu lulusan itu SMK, kalo SMA itu tidak seberapa," ujar Rusdiyanti, Rabu (17/5/2016)

Rusdiyanti menjelaskan, kartu kuning yang di keluarkan Disnaker Kota Serang hanya untuk pengendali dan melihat seberapa besar warga kota Serang yang mencari kerja. "Pengangguran di Kota Serang naik juga disebabkan warga enggan bekerja pada bidang finance, sales maupun jasa. Kebanyakan pencari kerja memilih bekerja di pabrik." terangnya (RI/Red)